KUMPULAN SOAL CBT, OSCE, UKMP, PRETEST PART 10

1. Seorang mahasiswa FKG mengadakan penelitian dalam rangka menyusun skripsi mengenai perbandingan pengaruh metode ceramah dan diskusi terhadap pengetahuan penyakit gigi dan mulut siswa SD negeri 17 Karangkobar. Sampel yang dipilih adalah Siswa kelas 6. Apakah rancangan penelitian yang paling tepat digunakan pada kondisi tersebut?

A. Expost facto design

B. static group comparison design

C. Pretest posttest control group design

D. One shot case study design

E. Posttest only design


2. Seorang ibu membawa anaknya yang berusia 9 tahun ke RSGM dengan keluhan gigi depannya yang baru tumbuh berwarna lebih kuning dibandingkan gigi sulung disebelahnya. Menurut doktergigi, kondisi tersebut masih normal karena gigi masih dalam masa perkembangan sehingga warnanya lebih kuning. Apakah penyebab warna gigi lebih kuning pada kasus tersebut?

A. kalsifikasi email belum sempurna sehingga warnanya lebih kuning dari dentin

B. kalsifikasi email belum sempurna menyebabkan transparan sehingga dentin nampak jelas

C. selameloblas pembentuk email warnanya lebih kuning dibanding odontoblas pembentuk dentin

D. email yang mengalami kalsifikasi berwarna lebih kuning dibandingkan dentin

E. bahan organik dalam email yang lebih tinggi dibandingkan dentin


3. Seorang laki-laki berusia 34 tahun datang ke klinik gigi dengan keluhan sakit pada gigi geraham bawah kiri bila berkontak dengan gigi atas. Keluhan ini dialami setelah gigi tersebut ditambal 3 bulan yang lalu. Pada pemeriksaan intra oral diperoleh 46 tambalan amalgam. Apakah yang terjadi pada tambalan amalgam tersebut?

A. Setting expantion

B. Hygroscopic expantion

C. Thermal expantion

D. Linear expantion

E. Delayed expantion


4. Pasien laki-laki usia 65 tahun datang ke RSGM dengan keluhan rasa perih pada permukaan gigi bagian dalam sebelah kanan. Pasien memiliki kebiasaan merokok sejak usia mud Keluhan nyeri hilang timbul terutama kena makanan pedas. Pemeriksaan tampak bercak putih seperti beludru dikelilingi daerah kemerahan dan tidak bisa dikerok. Apakah penyebab keluhan pasien tersebut?

A. Terbukanya serabut saraf perifer

B. Vasodilatasi pembuluh darah

C. Pembuluh darah pecah

D. Penurunan keratinisasi

E. Peninggian ambang batas nyeri


5. Seorang anak berusia 4 tahun, diantar ibunya ke dokter gigi dengan keluhan gigi depan kanan bawahnya terlihat sangat besar, seperti dua gigi yang menyatu. Hasil pemeriksaan radiografis terlihat akar dan saluran akarnya hanya satu. Apakah diagnosis yang paling tepat?

A. Fusi

B. Geminasi

C. Conrcreasance

D. Dens in dente

E. Taurodontia


6. Seorang dokter gigi menganjurkan pasiennya untuk melakukan perawatan saluran akar pada gigi 16 yang berlubang karena masih dapat dipertahankan. Namun pasien tersebut tersebut ingin dicabut saja karena dia merasa malas jika harus bolak-balik melakukan perawatan. Akhirnya, dokter gigi bersedia mencabut gigi tersebut. Apakah tindakan yang harus dilakukan dokter gigi sebelum melakukan tindakan pencabutan gigi untuk menghindari adanya tuntutan?

A. Meminta tanda tangan persetujuan rencana tindakan

B. Meminta tanda tangan surat keterangan

C. Melakukan foto radiograf gigi 16

D. Meminta adanya saksi-saksi

E. Menulis rekam medis


7. Seorang laki laki usia 44 tahun datang ke RSGM dengan keluhan sakit pada rahang bawah kiri sejak 2 bulan yang lalu. setelah dilakukan pencabutan pada gigi geraham . Pemeriksaan radiografi , pada regio 36 terdapat gambaran radiolusen berbentuk oval dengan batas tegas radiopak berdiameter 20 mm. Apakah radiodiagnosis dari kelainan tersebut?

A. Odontogenic Keratocyst

B. Fibrous dysplasia

C. Kista radikular

D. Kista residual

E. Abses lateral


8. Seorang laki-laki berusia 60 tahun datang ke RSGM dengan sariawan pada lidah yang sangat sakit sehingga tidak dapat makan. Pemeriksaan ekstra oral tampak kemerahan dengan vesikel kecil-kecil berkelompok sepanjang pipi bawah kanan. Pemeriksaan intra oral tampak ulser multipel berkelompok dikelilingi batas kemerahan.pada dorsum lidah kanan. Apa komplikasi yang paling sering timbul pada pasien sesuai kasus di atas?

A. Pulpitis pada gigi-gigi bawah kanan

B. Post herpetic neuralgia

C. Trigeminal neuralgia

D. Bells palsy

E. Atypical facial pain


9. Seorang wakita usia 40 tahun, datang ke klinik RSGM dengan keluhan gigi belakang atas kiri sakit berdenyut sejak dua hari ini. Dua bulan yang lalu pernah bengkak. Keadaan umum baik. Pemeriksaan ekstra oral tidak ada kelainan. Pemeriksaan intra oral tampak gigi 26 terdapat karies mencapai pulpa disertai pembengkakan di bagian bukal. Pemeriksaan radiografis tampak gigi 26 terdapat radiolusensi di oklusal meluas ke mesial mencapai kamar pulp Terdapat lesi radiolusen difus di apikal gigi 26 dengan batas tidak jelas. Berdasarkan kasus di atas, diagnosis gigi 26 yang tepat adalah?

A. Abses apikalis

B. Granuloma apikalis

C. Abses apikalis eksaserbasi akut

D. Lesi traumatik

E. Apikal scar


10. Seorang anak umur 7 tahun datang bersama ibunya ke RSGM bagian IKGA dengan keluhan gigi depan patah karena terbentur meja dan terasa ngilu ketika minum dingin. Pemeriksaan Intraoral terdapat fraktur gigi 11 sampai dentin. Tes sondasi (+), tes perkusi (-), tes tekan (-), tes dingin (+) dan tidak goyang. Pemeriksaan radiologis terdapat gambaran radiolusen dari mahkota hingga mendekati pulpa dan ujung akar belum tumbuh sempurna. Apakah klasifikasi Ellis untuk kasus tersebut?

A. Kelas I

B. Kelas II

C. Kelas III

D. Kelas IV

E. Kelas V


11. Seorang laki-laki usia 23 tahun datang ke dokter gigi dengan keluhan adanya bercak merah di tepi lidah sebelah kiri. Anamneses : pasien sering mengalami hal tersebut, lokasi berpindah-pindah dan hilang sendiri tanpa diobati. Pemeriksaan intra oral : daerah eritema, ireguler, ukuran sekitar 5 mm dengan tepi putih. Apakah diagnosa yang paling tepat untuk kasus tersebut?

A. Scrotal Tongue

B. Fissure Tongue

C. Coated Tongue

D. Geographic Tongue

E. Hairy Tongue


12. Pasien anak 10 tahun datang ke klinik gigi untuk merapikan giginya. Pada pemeriksaan tampak wajah mesofasial, dan seimbang serta profil lurus dan tidak ada kebiasaan buruk. Pada pemeriksaan intraoral tidak ditemukan adanya kelainan pada gigi-geliginya. Hanya dijumpai crowding gigi-geligi anterior. Kesimpulan kebutuhan ruang non-ekstraksi. Analisa sefalometri menunjukan sudut ANB 30 (normal 20-40). Inklinasi gigi insisi atas dan bawah normal. Prognsodid kasus ini baik. FaKtor-faktor apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan prognosis kasus di atas?

A. Usia pasien, kooperatif pasien, jenis kelamin, maloklusi

B. Usia pasien, kooperatif pasien, kebiasaan, berat tingan maluklusi

C. Usia pasien, kooperatif pasien, kebiasaan, maloklusi dental

D. Usia pasien, kooperatif pasien, kebiasaan, maloklusi skeletal

E. Usia pasien, jenis kelamin, kebiasaan, berat ringan maloklusi


13. Seorang ibu rumah tangga berusia 65 tahun datang ke poli gigi sebuah medical and dental center dengan keluhan utama gigi palsu pada rahang atas dan bawah longgar. Dari anamnesis, pasien mengatakan gigi depan bawahnya bertambah panjang. Pemeriksaan intra oral terdapat pembengkakan pada jaringan lunak di daerah palatum durum, resorbsi progresif pada residual ridge bagian anterior rahang atas, pembesaran tuberositas maksilaris, ekstrusi gigi anterior mandibula, resorpsi residual ridge mandibula. Gigi tiruan lengkap (Full denture) rahang atas tidak beradaptasi dengan baik. Pada rahang bawah ditemukan gigi tiruan sebagian lepasan resin akrilik pada regio 35 36 37 44 45 46 47. Pemeriksaan radiologis tidak diperoleh kelainan pada gigi-gigi yang tersisa. Apakah diagnosa yang paling mungkin pada kasus di atas?

A. Periodontitis Progresif 

B. Sindrom Kombinasi

C. Bone Hiperplasia

D. Epulis Fissuratum

E. Papillary Hiperplasia


14. Pasien 35 tahun, datang dengan keluhan gigi 13 paska pulp capping dan sisa jaringan sehat tidak cukup untuk memberikan retensi utuk restorasi direct. Dokter gigi merencanakan untuk memberikan restorasi tetap berupa PFM crown. Material kedokteran gigi apa yang digunakan untuk sementasi sementara mahkota tiruan tersebut?

A. GIC tipe 3

B. Flowable resin komposit

C. Polycarboxylate

D. Zync phosphate

E. Breeze


15. Seorang laki-laki berusia 40 tahun datang ke RSGM dengan keluhan sering terselip makanan di gigi belakang kanan bawah. Pemeriksaan intra oral gigi 46 kalkulus (+) , Udem (+), Poket di sisi bukal 5 mm, dan terdapat keterlibatan furkasi grade 3. Apakah jenis poket pada kasus tersebut?

A. Simple pocket

B. Compound pocket

C. Complex pocket

D. Pseudo pocket

E. False pocket


16. Seorang anak berusia 12 tahun datang ke RSGM karena nyeri gigi spontan pada gigi belakang kanan atas. Pada pemeriksaan fisik diperoleh keadaan umum tampak kesakitan dan pucat karena kurang tidur. Pada pemeriksaan EO ditemukan pipi kanan atas bengkak. Pada pemeriksaan IO diperoleh gigi 26 berlubang besar, gigi 36 sudah dicabut karena karies yang tidak bisa dirawat lagi, oedem pada gingiva regio 26 dan 27, ditemukan kavitas pada gigi 16, 46, 21, 22 dan oral hygiene buruk. Pada pemeriksaan klinis gigi 26 terlihat pulpa sudah perforasi. Berapakah nilai DMF-T pada anak tersebut?

A. Nilai DMF-T : 2

B. Nilai DMF-T : 3

C. Nilai DMF-T : 4

D. Nilai DMF-T : 5

E. Nilai DMF-T : 6


17. Seorang laki-laki berusia 34 tahun datang ke RSGM dengan keluhan adanya bercak putih pada pangkal lidah yang dirasakan sejak 1 bulan yang lalu dan tidak terasa sakit. Pada pemeriksaan terlihat adanya kelainan berupa plak putih berdiameter 2 cm yang dapat dikerok dan meninggalkan dasar kemerahan. Apakah pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan untuk menegakkan diagnosa pada kasus tersebut?

A. Fine needle aspiration biopsy

B. Bacteriological smear

C. Micological smear

D. Excision Biopsy

E. Incision Biopsy


18. Seorang anak berusia 14 tahun datang ke klinik dengan membawa giginya yang lepas dari soket setelah menghantam tiang gawang. Pemeriksaan klinis tampak region 11 soket berdarah. Termasuk fraktur ellis berapakah gigi 11 tersebut?

A. Kelas V

B. Kelas VI

C. Kelas VII

D. Kelas VIII

E. Kelas IX


19. Seorang pria 35 tahun datang ke RSGM ingin mendapatkan perawatan giginya yang berlubang. Pada pemeriksaan intra oral terlihat gigi 15 mengalami karies yang cukup luas. Setelah dokter gigi melakukan perawatan pada gigi tersebut, pasien setuju ingin dibuatkan restorasi mahkota jenis porcelein fused to metal (PFM). Apakah alloy yang tepat untuk dipadukan pada pembuatan mahkota restorasi tersebut di atas?

A. High ? Pd alloy

B. High ?Gold alloy

C. Co-Cr alloy

D. Pd-Ag Alloy

E. Au-Pb Alloy


20. Drg. X ditugaskan untuk melakukan survei keadaan karies gigi pada masyarakat di daerah A dan B masing-masing sebanyak 60 orang sampel, dengan menggunakan indeks DMF-T. Hasil survei di daerah A didapatkan jumlah D =120; M =45 dan F =15. Sedangkan di daerah B jumlah D =120; M =52 dan F =8. Berdasarkan hasil survei tersebut, bagaimanakah kondisi karies gigi di daerah A dan B

A. Pengalaman karies gigi masyarakat di daerah A lebih baik daripada di daerah B

B. Pengalaman karies gigi masyarakat di daerah B lebih baik daripada di daerah A

C. Pengalaman karies gigi masyarakat di daerah A dan B tidak bisa dibandingkan

D. Pengalaman karies gigi masyarakat di daerah A dan B tidak dapat dihitung

E. Pengalaman karies gigi masyarakat di daerah A dan B sama


21. Seorang dokter gigi di Puskesmas menemukan jumlah penderita karies gigi di wilayah kerjanya sebanyak 200.000 penderita baru dan 120.000 penderita lama sepanjang tahun 2015. Wilayah tersebut memiliki jumlah penduduk sebanyak 400.000 jiwa. Berapa angka prevalensi karies di kecamatan tersebut sepanjang tahun 2015?

A. (200.000 + 120.000) / 400.000

B. (200.000 - 120.000) / 400.000

C. 200.0000/400.000

D. 120.000/400.000

E. 120.000/200.000


22. Seorang wanita usia 45 tahun mengeluhkan telah terjadi pembesaran pada gusinya, mulai terasa mengganggu lebih dari 6 bulan yang lalu. Dari anamnesa diketahui bahwa pasien tersebut mengkonsumsi obat anti konvulsan. Hal ini dapat terjadi karena?

A. Menurunnya mekanisme pertahanan

B. Aktivitas kolagenase meningkat

C. Remodelling terganggu

D. Fibroblas sangat aktif

E. Faktor lokal


23. Pasien laki-laki 20 tahun datang ke poliklinik gigi dengan keluhan pada bibir atas tampak bintik-bintik putih kekuningan dan tidak dirasakan sakit. Penderita takut kalau lesi tersebut membahayakan. Apakah diagnosa lesi diatas?

A. White sponge nevus

B. Leukeratosis

C. Fordyce spot

D. Leukodema

E. Leukoplakia


24. Pasien wanita berusia 50 tahun datang dengan keluhan adanya bercak putih di mukosa pipi kiri, asimptomatik dan tidak terdeteksi sebagai lesi yang spesifik. Keluhan dirasakan sejak 1 bulan yang lalu. Pasien adalah perokok berat. Apakah diagnosis yang paling mungkin pada kasus tersebut?

A. Leukoplakia

B. Candidiasis

C. Erytroplakia

D. Leukodema

E. White sponge nevus


25. Drg. X ditugaskan untuk melakukan survei keadaan karies gigi pada masyarakat di daerah A dan B masing-masing sebanyak 60 orang sampel, dengan menggunakan indeks DMF-T. Hasil survei di daerah A didapatkan jumlah D =120; M =45 dan F =15. Sedangkan di daerah B jumlah D =120; M =52 dan F =8. Berdasarkan hasil survei tersebut, bagaimanakah kondisi karies gigi di daerah A dan B?

A. Pengalaman karies gigi masyarakat di daerah A lebih baik daripada di daerah B

B. Pengalaman karies gigi masyarakat di daerah B lebih baik daripada di daerah A

C. Pengalaman karies gigi masyarakat di daerah A dan B tidak bisa dibandingkan

D. Pengalaman karies gigi masyarakat di daerah A dan B tidak dapat dihitung

E. Pengalaman karies gigi masyarakat di daerah A dan B sama


26. Anak2 gigi hitam menyeluruh pada 1/3 gingival..gigi desidui, bebas karies, mahkota utuh. Penyebab?

A. Zat besi

B. Topikal NaF

C. Asupan Fluor berlebih

D. Ibu konsumsi obat

E. Keturunan


27. Seroang ibu datang bersama anak berusia 6 tahun. Ibu berniat menjaga gigi anaknya agar bebas karies. Pemeriksaan intraoral molar pertama permanen kanan dan kiri sudah erupsi sempurna dan bebas karies. Drg memberikan fissure sealant. Pencegahan tingkat berapa yang diberikan dokter gigi menurut teori Leavell & Clark?

A. Adaption or pre-primary prevention

B. Secondary prevention

C. Advanced prevention

D. Primary prevention

E. Tertiary prevention


28. Seorang ibu datang bersama anak laki laki usia 10 tahun, mengeluhkan gigi depan atas renggang. Pemeriksaan intraoral terdapat gigi 16 55 14 - 12 11 21 22 - 24 65 26 46 85 44 43 42 41 31 32 33 34 75 36

Apa kemungkinan rengganya gigi incisivus sentral RA?

A. Ugly duckling

B. Ada Supernumerary

C. Oral habit

D. Pencabutan 51 61 terlambat 

E. Persistensi


29. Gigi 11. 21 labioversi. Alat yang ortodontik lepasan yang digunakan untuk mengkoreksi kasus tersebut adalah..

a. Labial bow

b. Simple spring 

c. Finger spring 

d. Double spring 

e. Z sping 


30. Pasien wanita, 48 tahun datang ke klinik gigi dengan keluhan gusi sering berdarah saat sikat gigi dan merasa tidak nyaman. Pemeriksaan klinis menunjukan gigi masih lengkap, terdapat poket absolut 4-5 mm di beberapa gigi, gingival merah, ada perdarahan setelah probing, oral hygiene buruk. Apakah terapi selanjutnya yang dilakukan setelah terapi inisial?

A. Kuretase

B. Gingivektomi

C. Gingivoplasti

D. Bedah flap periodontal

E. Excisional new attachment procedure (ENAP)


31. Seorang dokter gigi yang sedang menumpat gigi pasiennya seorang pria 48 tahun, menemukan adanya daerah putih di palatum disertai bercak-bercak bulat dengan pusat kemerahan. Pasien mempunyai kebiasaan merokok sejak mud Tidak ada keluhan dari pasien atas lesi tersebut. Apakah yang dimaksud dengan bercak-bercak bulat kemerahan pada kasus tersebut?

A. Makula

B. Papula

C. Vesikel

D. Bula

E. Nodula


32. Seorang wanita 23 tahun datang dengan keluhan ngilu pada beberapa giginya. Pada pemeriksaan klinis ditemukan kavitas berbentuk V dengan dasar membentuk sudut yang tajam di beberapa gigi. Untuk memperbaikinya dokter gigi memerlukan tambalan yang kuat dan memiliki modulud elastisitas yang cukup baik. Bahan tambal apakah yang paling cocok dipakai?

A. Komposit

B. Kompomer

C. GIC

D. Zinc fosfat

E. ZOE


33. Perempuan 40 tahun datang dengan keluhan adanya warna kehitaman pada dorsal lidah, asimtomatik dan sulit dibersihkan meskipun pasien rutin memakai obat kuur. Dokter mendiagnosis keadaan tersebut sebagai hal normal. Warna hitam tersebut merupakan hipertrofi dari?

A. Papila foliata

B. Papila filiformis

C. Papila fungiformis

D. Papila circumvallata

E. Corpus meissner


34. Dokter Gigi di Puskesmas X membuat program pembinaan kader kesehatan gigi di wilayah kerjanya. Saat program ini berjalan dokter gigi tersebut memastikan bahwa aktivitas yang dilakukan sesuai dengan yang direncanakan. Apakah tahap manajemen pada skenario di atas?

A. Planning

B. Organizing

C. Actuating

D. Controlling

E. Evaluating


35. Dalam rangka meningkatkan kesehatan gigi dan mulut masyarakat diperlukan suatu tindakan promosi kesehatan. Menurut WHO 1984, strategi dalam promosi kesehatan adalah...

A. Perencanaan, implementasi, dan evaluasi

B. Meningkatkan indikator kesehatan dan pemberdayaan

C. Advokasi, dukungan sosial dan pemberdayan masyarakat

D. Perencanaan program yang mendukung kebijakan kesehatan

E. Reorientasi pelayanan kesahatan dan pembangunan lingkungan yang mendukung peningkatan pelayanan kesehatan


36. Seorang dokter gigi akan melakukan perawatan saluran akar pada pasien dengan kasus gigi 13 yang terasa sakit dan kemeng. Hasil radiograf tampak akar gigi 13 sempit dan agak membengkok, serta tampak adanya radiolusensi di periapikal dan terdapat bahan pengisi saluran akar. Jika akan dilakukan perawatan saluran akar ulang, apakah alat yang digunakan untuk pengambilan gutta percha pada kasus tersebut?

A. Gates gilden frill

B. Peaso reamer

C. Headstroem file

D. K-file

E. Reamer


37. Seorang perempuan berusia 37 tahun datang ke RSGM dengan keluhan ingin dicabut gigi geraham pertama kanan rahang bawah karena telah berlubang besar. Pasien memiliki riwayat alergi antibiotik golongan penisilin. Setahun yang lalu seluruh tubuh pasien melepuh setelah dilakukan pencabutan gigi bungsu bawah. Apakah antibiotik yang dipertimbangkan untuk diberikan pada pasien ini?

A. Cefiksim

B. Tetrasiklin

C. Linkomisin

D. Klindamisin

E. Metronidazol


38. Pria usia 55 tahun datang ke dokter gigi dengan keluhan gangguan pengecapan yang dirasakan setelah diagnosis menderita DM tipe II sejak 3 tahun yang lalu. Apakah organ sensorik yang terganggu pada pasien tersebut?
A. Papila foliate
B. Papila filiformis
C. Papila fungiformis
D. Gemma gustatoria
E. Corpusculum meissner

39. Kepala Puskemas A memimpin rapat untuk menentukan metode promosi kesehatan yang akan dilakukan pada anak sekolah. Penentuan metode dilakukan dengan cara mengumpulkan ide dari tiap peserta, kemudian dilakukan voting dan ranking terhadap ide yang terpilih. Apakah jenis metode penentuan prioritas masalah pada kasus tersebut?
A. Nominal group technic
B. Focus group discussion
C. Brainstorming
D. CARL
E. MCUA

40. OS Perempuan usia 30 tahun datang ke praktik drg dengan keluhan nyeri bila minum minuman yang sangat dingin dan ada makanan yang masuk pada giginya yang berlubang. Di manakah letak pusat sensorik untuk sensasi yang dialami pasien tersebut?
A. Sulcus Rotandi
B. Fissura lateralis
C. Fisssura centralis
D. Gyrus pre centralis
E. Gyrus post centralis




Comments

Popular posts from this blog

MATERIAL INVESTMENT